--> Skip to main content

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Dan Bayi Dalam Kandungan

Penting buat ibu tetap memperhatikan kesehatan dianya sepanjang 9 bulan kehamilan. Ingat, janin akan bertumbuh dengan sehat sampai waktu kelahirannya bila ibunya sehat. Bagaimana triknya memperhatikan kesehatan ibu hamil serta bayi dalam kandungan? Jawabannya satu: Ibu hamil harus jalani gaya hidup yang sehat.

Langkah memperhatikan kesehatan ibu hamil serta janin 

1. Konsumsi makanan bergizi
Kesehatan ibu hamil benar-benar tergantung pada apa yang dikonsumsi seharian. Isilah piring makan Anda dengan macam makanan sehat yang bergizi tinggi untuk memberi dukungan kesehatan diri kita janin dalam kandungan.

Buat ibu, konsumsi makanan bergizi bisa menolong meningkatkan stamina, menghindarkan efek komplikasi kehamilan, mengatur berat tubuh waktu hamil masih sehat, sampai kurangi tanda-tanda hamil yang memberatkan

Diluar itu, skema makan sehat menolong memantapkan situasi hati supaya terlepas dari stres waktu hamil. Konsumsi makanan memiliki nutrisi semenjak kehamilan muda membantu menyiapkan badan ibu sehat optimal mendekati persalinan.

Konsumsi gizi yang beragam namun imbang memberi dukungan kelancaran proses tumbuh kembang bayi. Tidak lupa konsumsi makanan bergizi bisa menolong jaga berat janin masih sehat, dan menahan efek bayi cacat lahir.

Makanan memiliki nutrisi yang harus dikonsumsi sepanjang ibu hamil ialah:
Makanan berprotein, seperti telur yang dibuat masak, dada ayam, serta gandum utuh (roti gandum serta beras merah).

Makanan yang memiliki kandungan vitamin C, seperti buah jeruk, jambu biji serta strobery.Minuman dan makanan memiliki kandungan kalsium, seperti susu yang dipasteurisasi serta sayuran berwarna hijau.
Makanan kaya zat besi, seperti brokoli serta kacang-kacangan.Makanan yang memiliki kandungan lemak sehat, contohnya ikan salmon (dibuat masak) serta buah alpukat.

Makanan yang memiliki kandungan asam folat, seperti kuning telur serta bayam.
Selain itu, jauhi makan daging 1/2 masak, dalaman hewan, serta makanan cepat saji yang tinggi lemak trans sepanjang ibu hamil jalani gaya hidup sehat. Jauhi makan ikan yang memiliki kandungan tinggi merkuri sepanjang hamil, seperti ikan tuna, ikan makarel, serta ikan todak.

2. Minum vitamin prenatal
Minum vitamin prenatal disarankan untuk memperhatikan kesehatan kandungan ibu hamil. Konsumsi nutrisi untuk ibu hamil sebenarnya banyak terpenuhi dari makanan seharian. Tetapi, vitamin bisa menolong penuhi sekaligus juga memberi nutrisi penambahan yang diperlukan janin dalam kandungan.

Vitamin hamil biasanya memiliki kandungan asam folat dari vitamin B. Asam folat bertindak penting dalam perubahan otak serta sumsum tulang belakang bayi. Asam folat berguna juga untuk menahan efek bayi cacat lahir.

Vitamin ini lebih baiknya harus diminum sejak mulai sebelum hamil. Tanyakan dengan dokter mengenai vitamin prenatal apa yang Anda betul-betul perlukan. Bila minum vitamin hamil buat ibu mual, coba minum di saat malam hari atau kunyah permen karet saat mulai merasakan mual.


3. Olahraga teratur
Hamil bukan jadi fakta tidak untuk olahraga. Olahraga masih jadi sisi penting dari gaya hidup sehat ibu hamil untuk memperhatikan kesehatan.

Olahraga menolong lancarkan perputaran darah dan oksigen pada tubuh, menguatkan otot, serta kurangi depresi waktu hamil. Olahraga memberi dukungan kecerdasan bayi semenjak dalam kandungan.

Upayakan meluangkan waktu 30 menit tiap hari untuk olahraga. Terdapat beberapa pilihan olahraga yang aman untuk ibu hamil. Tetapi, Anda tak perlu olahraga yang berat. Pekerjaan fisik mudah seperti jalan enjoy, renang, atau serta yoga, biasanya aman dikerjakan selama umur kehamilan.

4. Berhenti merokok serta minum alkohol
Untuk memperhatikan kesehatan ibu hamil serta kandungannya sepanjang 9 bulan ke depan, jauhi merokok serta minuman mengandung alkohol.

Merokok serta/atau minum alkohol waktu hamil bisa tingkatkan efek keguguran. Buat bayi dalam kandungan, dua rutinitas jelek ini tingkatkan efek bayi untuk lahir prematur, lahir mati, lahir cacat, atau lahir dengan berat tubuh rendah.Karena itu, yakinkan ibu hamil jalani gaya hidup sehat yang bebas rokok serta alkohol.

5. Jaga berat tubuh sehat
Tiap wanita disarankan untuk konsumsi makanan bergizi sepanjang hamil. Tidak hanya untuk memperhatikan kesehatan ibu hamil, makan teratur mempunyai tujuan meningkatkan berat tubuh waktu hamil supaya baik.

Ibu yang punyai berat tubuh normal sebelum hamil dianjurkan untuk meningkatkan berat tubuh sampai 11,5-16 kg sepanjang hamil. Sesaat bila Anda bertubuh benar-benar kurus semenjak sebelum hamil, berat tubuh harus ditambah 13-18 kg sepanjang hamil.

Kenaikan berat tubuh benar-benar punya pengaruh pada kesehatan ibu hamil serta bayi.Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, bertambahnya berat tubuh tunjukkan kebaikan status gizi ibu hamil serta perubahan janin di kandungan.

Baiknya ibu dianjurkan untuk memberikan tambahan 300 kalori /hari untuk penuhi bertambahnya berat tubuh waktu hamil. Tetapi, bukan bermakna ibu dapat makan sebanyaknya. Frekwensi waktu makan, bagian, serta type makanannya harus betul-betul dilihat supaya tidaklah sampai kelebihan berat tubuh.

Kelebihan berat tubuh waktu hamil bisa mengacaukan gaya hidup sehat ibu. Karena itu, semestinya konsultasi ke dokter kandungan untuk memperoleh serta mengatur berat tubuh baik waktu hamil. Dokter bisa meembantu membuat gagasan skema makan sehat yang benar sekaligus juga menahan Anda dari komplikasi seperti diabetes gestasional.

6. Cukup minum air putih
Untuk memperhatikan kesehatan waktu hamil, ibu disarankan cukup minum air putih cukup tiap hari. Konsumsi cairan yang memenuhi membantu lancarkan saluran darah dari jantung ke semua badan, terhitung ke rahim untuk diterima janin.

Diluar itu, jaga gaya hidup sehat dengan rajin minum air putih dapat juga tingkatkan skema imun ibu hamil serta menahan beberapa jenis permasalahan kesehatan. Dari mulai dehidrasi, kecapekan, anemia, sembelit, wasir, serta infeksi aliran kencing.

Upayakan minum air 8 sampai 10 gelas satu hari. Supaya tidak jemu minum air putih, coba imbuhkan potongan lemon, strawberry atau jeruk nipis untuk meningkatkan kesegarannya.

7. Rajin bersihkan tangan
Membersihkan tangan gunakan sabun ialah rutinitas yang harus dimasukkan dalam gaya hidup sehat ibu hamil. Tetap bersihkan tangan sesudah dari toilet, sebelum makan serta setelah makan, sebelum serta sesudah masak, serta setelah menggenggam barang dalam tempat umum.

Rajin bersihkan tangan bisa menolong membunuh kuman serta bakteri pemicu penyakit yang riskan menyerang sepanjang kehamilan. Contohnya saja, bakteri streptokokus Group B, cytomegalovirus, toksoplasmosis, dan lain-lain. Infeksi serius tersendiri yang dirasakan ibu waktu hamil bisa tingkatkan efek komplikasi dan efek bayi cacat lahir.

Bila tidak ada sumber air bersih, Anda dapat siap sedia memakai gel bersihkan tangan (hand sanitizer) yang memiliki kandungan etil alkohol.

8. Tidur cukup
Salah satunya sisi penting dari gaya hidup sehat ibu hamil yang seringkali terlewatkan ialah cukup tidur. Calon ibu paling tidak harus tidur delapan jam tiap malam. Tetapi, anda semakin lebih gampang ngantuk di siang hari tetapi susah tidur pada malam hari karena pergantian hormon.

Permasalahan hamil ini selanjutnya membuat Anda jadi kurang tidur karena pola tidur yang tidak menentu. Parahnya , kurang tidur sepanjang kehamilan dihubungkan dengan komplikasi seperti preeklampsia serta beresiko lahir caesar.

Jalan keluarnya, selekasnya istirahatlah demikian Anda merasakan lelah atau ngantuk. Sering-seringlah tidur siang untuk memenuhi jam tidur Anda. Ibu hamil sebetulnya justru disarankan untuk tidur malam lebih lama dari umumnya sepanjang trimester pertama kehamilan. Banyak tidur disarankan untuk menolong proses persalinan lebih lancar.

Menurut American Pregnancy Association, ada banyak hal yang dapat dikerjakan supaya ibu hamil tidur cukup. Tersebut tips-nya:

Coba tempat tidur baru. Sebelum tidur, coba mandi air hangat serta meminta pasangan pijat badan Anda yang pegal-pegal.Mengatur suhu ruang serta sinar di kamar senyaman mungkin.Coba tehnik rileksasi, seperti yang mungkin sudah Anda dalami di kelas persalinan.

Jika masih susah tidur, coba untuk membaca buku, konsumsi makanan kecil seperti buah, atau minum susu hangat. Olahraga dengan teratur di siang hari dapat membuat tidur malam jadi tidak susah. Luangkan tidur siang sesaat, tetapi jangan kelamaan. Tidur siang kelamaan justru dapat buat ibu hamil jadi susah tidur pada malam hari.

9. Jangan pernah depresi terlalu berlebih
Fakta mengapa tidur penting dalam memperhatikan kesehatan ibu hamil sebab faedahnya untuk menurunkan depresi. Depresi berat yang mengganggu pemikiran serta batin ibu hamil bisa mengubah perubahan bayi di kandungan.

Karena itu, coba cari info dahulu apa yang mengakibatkan Anda depresi. Curahkan uneg-uneg Anda kenapa hal tersebut membuat depresi di selembar kertas. Sesudahnya, Anda dapat coba tehnik pernafasan dalam atau meditasi untuk hilangkan depresi. Yoga waktu hamil sama lebih baiknya untuk membunuh rasa capek dalam jiwa, lho!

Sempatkanlah waktu untuk lakukan hal yang Anda senang supaya tidak depresi sepanjang hamil. Contohnya, melihat TV, dengarkan musik, berjalan-jalan bersama dengan pasangan atau rekan, sampai lanjutkan hoby Anda. Menyulam, mungkin? Bila depresi Anda tidak tertahankan, cari terapis atau psikolog untuk menolong Anda cari akar permasalahan serta mengakhirinya secara baik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar