--> Skip to main content

Pengertian web 3.0

 Halo sobat pembaca kali ini kita akan membahas tentang web 3.0 pengertian dan kenapa bisa muncul konsep 3.0 tersebut dan bagaimana aplikasinya?


Apa itu web 3.0 itu sebenarnya merupakan layanan web generasi ketiga yang berfokus pada penggunaan machine-learning untuk mengolah dan menginterpretasi data untuk menyediakan pengalaman kepada pengguna suatu web yang terdesentralisasi di lebih cerdas terbuka dan lebih aman.




untuk lebih memahaminya saya menjelaskan dahulu sejarah internetnya secara singkat ya jadi bentuk pertama dari web ini tuh ditemukan pada tahun 1990 di awalnya itu kita sebut sebagai web 1.0 oleh website 1.0 dan saat itu usernya itu hanya bisa searching dan browsing informasi di web tetapi tidak dapat mengunggah data apapun jadi sifatnya itu hanya satu arah saja.


Lalu berkembang menjadi Web 2.0 yang kita kenal sekarang ini di tahun 2000-an ya 2023 2024 itu sifatnya sudah berdua arah dimana user bisa berkomunikasi dengan orang lain secara online dan contohnya misalkan melalui sosial media mengupload konten ke internet dan seperti lagu atau gambar nah sifat yaitu sudah dua arah di era tahun 2020-an ini.


muncul teknologi baru yang namanya web 3.0 ada lima elemen utama dari web 3.0


yang pertama sebagai no centralise otoriter web 3.0 ini dibangun di atas jaringan blokchain dan merupakan jaringan yang terdesentralisasi dengan tidak adanya centralized authority ini adalah poin yang paling penting yang membedakan web 3.0 itu dengan web yang ada sekarang ini.


selama ini kalau anda mengakses internet secara langsung itu kita tidak secara sadar itu melalui pihak ketiga loh. Contohnya seperti Google atau Apple dan Informasi pribadi atau identitas anda itu dapat diakses oleh pihak-pihak ini misalkan Ketika anda mencentang suatu thomsen condition Anda harus bersedia untuk memberikan akses pada data pribadi anda bukan hanya data pribadi konten-konten yang anda upload di internet juga tanda kutip itu dikontrol oleh pihak-pihak tersebut.


Mungkin anda bisa membuat konten sesuka hati tetapi Ketika anda upload itu sebenarnya mereka yang menentukan apakah konten anda itu layak diunggah atau tidak mereka dapat menyetor atau bahkan partner daun karya anda itu dari internet dengan adanya desentralisasi ini maka anda dapat mengakses internet itu secara langsung tanpa harus berikan data-data diri Anda dan juga mengekspos privasi Anda kepada mereka


Yang kedua adalah adanya security and reliability dengan adanya desentralisasi data yang ada di web 3.0 ini akan lebih aman dan tidak akan mudah di-hack oleh pihak-pihak lain karena berjalan di atas jaringan blockchain.


Juga datanya ini dapat diakses dari berbagai titik dan mengeliminasi kegagalan dari satu centralized server


Yang ketiga adalah adanya namanya itu Semantic web semantik sendiri itu memiliki arti harafiah tuh, suatu studi suatu kata atau frase dalam bahasa yang dimiliki dan memiliki perbedaan arti nah Semantic web ini mengintegrasikan machine-learning kedalamnya sehingga menjadikan komputer itu intinya itu lebih intelijen begitu.


Contohnya ya suatu kata misalkan pintar, cerdas, Cemerlang, jenius, operator encer itu sama-sama memiliki arti pintar.


Begitu ya tetapi memiliki penekanan yang berbeda-beda nah web yang semantik adalah teknologi yang dapat memungkinkan server atau mesin ini untuk belajar dan memahami mengenali suatu konteks data atau informasi bukan hanya melalui keyboard yang dipakai tetapi dari informasi lengkap secara menyeluruh bahkan bisa memahami emosi yang terkandung didalamnya.


Yang berikutnya adalah artificial intelegence (AI) ketika teknologi Ini digabung dengan natural language processing yaitu gabungan antara e-commuter science dan linguistik atau kemampuan komputer mengerti bahasa manusia komputer ini akan mempunyai kemampuan untuk mengerti informasi layaknya manusia.


Dengan begitu ia dapat menghasilkan hasil secara lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan komputer yang kita kenal sekarang ini teknologi yang digabungkan ini akan meningkatkan user experience kita sebagai pengguna itu secara signifikan dan kita akan merasa semua akan lebih manusiawi.


Yang terakhir adalah adanya teknologi VR atau er yang menjadikan kita itu secara visual itu yg lebih immerse kedalamnya web akan beralih dari 2D menjadi 3D graphics Jadi kalau selama ini website yang Anda kunjungi itu semuanya bersifat putih dan repoint akan menggunakan desain 3D yang memungkinkan lebih banyak interaksi dengan pengguna.


Contohnya seperti pada games pada museum virtual pada e-commerce atau yang lain-lain itu akan menggunakan grafik 3D dan VR atau er ini akan diharapkan dapat digunakan dalam reply ini yang akan mengintegrasikan atau membuat ke pengalaman itu lebih nyata secara visual ini akan mengaburkan batasan-batasan antara dunia nyata dan dunia digital.


Hal ini terdengar mirip dengan metaverse ya! memang website porno saat ini tuh masih dalam tahap awal pengembangannya dan bersama dengan NFC dan metaverse sebenarnya ini masih meraba-raba ke depan ini akan menjadi seperti apa? 


Nah menurut anda sendiri bagaimana apakah web3.0 ini di masa depan akan menjadi lebih berkembang lagi.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar