Alpukat Dan Manfaatnya

Buah alpukat sudah banyak yang mengenalnya termasuk adik-adik kecil kita yang sedang mengalami fase pertumbuhan. Para pedagang yang menjual kios buah pasti selalu menyediakan buah yang satu ini. Rasa buah ini memang tidak manis melainkan tawar, akan tetapi banyak yang menyukainya.

Buah Alpukat

Buah yang memiliki daging berwarna hijau ini memang cukup laris dan harganya juga cukup murah. Bagi anda yang menjadi penggemar buah yang satu ini pasti sudah banyak memiliki pengalaman dalam memilih buah yang satu ini.

Di era sekarang ini, buah ini juga menjadi bahan uji coba dilaboratorium karena ternyata buah yang satu ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Ternyata manusia zaman sekarang lebih mengutamakan kesehatan. Mungkin sudah saatnya manusia belajar dari buah yang tumbuh secara alami ini.

Buah alpukat telah diketahui mengandung cukup banyak nutrisi yang bisa melindungi tubuh dari peradangan, menurunkan risiko kanker, hingga membantu menurunkan berat badan. Bahkan fakta juga ikut mengatakan bahwa para ahli nutrisi menyarankan seseorang untuk mengonsumsi alpukat setiap harinya.

Inilah Alasan Anda Untuk Konsumsi Alpukat Setiap Hari


Entah kenapa buah yang satu ini bisa sangat spesial jika dikonsumsi setiap ini. Simak beberapa alasan dibawah ini :


1. Mengandung Lemak Sehat

Alpukat disebut sebagai makanan yang paling alami, aman, dan menyehatkan yang bisa Anda konsumsi. Meski reputasi mengungkap bahwa lemak dalam alpukat sangat banyak, namun lemak tersebut baik untuk kesehatan tubuh. Peneliti juga telah menjelaskan bahwa lemak yang terkandung didalam alpukat justru sangat penting dan bisa membantu meningkatkan kesehatan.

Kita tidak perlu khawatir dengan lemak yang terkandung dalam alpukat, karena itu merupakan lemak sehat yang akan membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik. Itulah beberapa manfaat 

2. Menurunkan Resiko Kanker

Mengonsumsi buah alpukat bisa menurunkan kanker. Penelitian pada Journal of Nutritional Biochemistry menunjukan bahwa alpukat mengandung karotenoid penting yang dapat melawan sel kanker prostat. Penelitian ini juga telah menemukan bahwa alpukat yang mengandung kombinasi unik zat pelawan kanker dan lemak tak jenuh yang lebih mudah diserap dalam aliran darah.

Lemak yang ada dalam alpukat ternyata memiliki manfaat baik dalam tubuh karena bisa mempercepat proses penyerapan zat pelawan kanker. Dengan adanya lemak tersebut, zat anti kanker akan lebih cepat terserap dalam aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

3. Menyehatkan Jantung

Meski telah diketahui mengandung banyak lemak, namun lemak dalam alpukat tak berimbas buruk bagi jantung. Sebaliknya, alpukat ternyata baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena adanya vitamin E dan asam lemak yang menurunkan kolesterol buruk.

Penelitian terbaru menunjukan bahwa alpukat ternyata baik untuk menyehatkan jantung, dan melindungi jantung dari penyakit yang berbahaya. Hasil ini didapatkan dari delapan penelitian terhadap konsumsi alpukat dan kesehatan jatung.

4. Menurunkan Berat Badan

Banyak yang salah paham dengan adanya lemak dalam alpukat. Wanita yang tak ingin gemuk seringkali mengindari alpukat karena lemat tersebut. Padahal faktanya, alpukat justru bisa membantu menurunkan berat badan. Penelitian menyarankan bagi Anda yang sedang diet untuk menambahkan setengah buah saat makan siang.

Rahasia dibalik khasiat alpukat untuk menurunkan berat badan sebenarnya bukan pada nutrisi didalamnya, melainkan karena alpukat bisa membuat kenyang lebih lama. Setelah kenyang mengkonsumsi alpukat Anda akan lebih sedikit ngemil atau mengkonsumsi makanan yang tak sehat. Nutrisi yang terkandung sangat baik untuk tubuh.

5. Mencegah Peradangan

Alasan yang paling mendasar dan perlu untuk Anda ketahui mengapa alpukat harus dikonsumsi setiap hari adalah untuk mencegah dan mengatasi terjadinya peradangan. Mengonsumsi buah alpukat akan mencegah peradangan, bahkan jika Anda sering mengkonsumsi daging.

Sebuah penelitian yang telah diterbikan dalam jurnal Food & Function mengungkapkan bahwa mengkonsumsi hamburger bisa meningkatkan zat cytokine penyebab peradangan hingga 75%. Dengan menambahkan buah alpukat pada hamburger tersebut akan menurunkan risiko peradangan hingga 45%.

Demikian beberapa alasan yang anda harus coba, untuk mengkonsumsi buah alpukat setiap hari.
Advertisement

9 Responses to "Alpukat Dan Manfaatnya"

  1. duhh..itumahh kesukaan aku bangett mas...apalagi sama gula merah ditambah susu..duhh..rasanya nikamta banget..pokoknyaa

    ReplyDelete
  2. @Yuli
    Ternyata penggemar alpukat pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mas....duhh kesukaan saya bangett ituu mah mass....enak banget pokoke mas...

      Delete
  3. Alpukat, aku juga suka banget makan buah alpukat. Dan ternyata banyak sekali manfaat buah alpukat ini.

    ReplyDelete
  4. Saya suka banget dengan apukat apalagi dibuat es susu.

    ReplyDelete
  5. @Lisa
    Betul sekali, jika pakai susu dan es rasanya lebih segar

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Mungkin belum terbiasa aja, kalau sudah coba sekali pasti ketagian.
      Saran saya, coba dahulu jus alpukat. Kalau sudah terbiasa silahkan makan buahnya, hati-hati bijinya jangan dimakan juga

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!