Cara Menjaga Organ Hati

Organ hati adalah salah satu bagian terpenting dari tubuh kita. Karena jika sedikit saja bermasalah maka akan menimbulkan berbagai penyakit. Begitu sangat vital organ yang satu ini karena selain menetralisir racun, organ ini juga bertugas membagi nutrisi pada tiap bagian tubuh.

Alat Tensi Kesehatan

Apabila ada racun yang masuk lewat darah maka organ inilah yang akan siap menetralisir racun tersebut, dan tentunya mengeluarkan enzim khusus penawar racun. Jika organ ini tidak bisa menangani maka anda akan keracunan.

Begitu pentingnya peran hati bagi tubuh, maka sudah semestinya kita menjaga organ tersebut supaya tetap sehat sehingga mampu bekerja secara maksimal.  Untuk menjaga organ hati kita tetap dalam kondisi baik maka perlu ada kita khusus untuk menjaga organ tersebut. Berikut ini adalah kegiatan yang bisa membuat hati tetap baik.

Kegiatan Yang Baik Untuk Organ Hati

1. Rutin Olahraga

Dengan rutin berolahraga tiap pagi atau sore hari mampu membuat hati selalu terjaga dengan baik. Lakukan olahraga minimal 10 menit untuk merangsang semua otot-otot bagian dalam maupun luar agar selalu bugar.

2. Minum Air Mineral

Minum air mineral harus dijaga dengan baik, jangan sampai anda kekurangan cairan. Fungsi air mineral juga sangat baik untuk membersihkan organ hati. Nutrisi pada kandungan air mineral mudah diserap oleh hati ketimbang minuman bersoda.

3. Kurangi Makan-Makanan Berlemak

Untuk yang satu ini memang sulit dihindari, karena makanan berlemak itu biasanya yang paling enak. Akan tetapi terlalu banyak resiko jika kita mengkonsumsi makanan yang berlemak secara berlebih, apalagi sampai tiap hari. Jika anda tidak bisa menghindari makanan berlemak, cukup dikurangi saja.

4. Makanan Dan Minuman Manis

Untuk yang satu ini memang terlihat tidak mungkin, karena setiap pagi pasti kita selalu membuat teh manis atau secangkir kopi. Dan terkadang dalam masakan juga ada kandungan gula. Untuk minuman masih bisa diakali dengan menggunakan gula rendah kalori. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis bisa menyebabkan terkena diabetes.

Masih banyak lagi berbagai jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh kita. Dan tentunya kita juga harus cerdas memilih berbagai jenis makanan pada saat-saat sekarang. Karena segala jenis makanan sekarang sudah banyak yang tidak lulus uji kesehatan.

Advertisement
Terutama bagi anda para mahasiswa dan pekerja, biasanya sembarangan membeli makanan dipinggir jalan tanpa memperdulikan kesehatan. Sayangilah organ hati anda karena tidak ada suku cadangnya bila rusak. Berikut ini makanan yang baik untuk membersihkan organ hati.

Makanan & Minuman Pembersih Hati

1. Jeruk Bali

Jeruk bali banyak mengandung vitamin C dan antioksidan ini sangat baik untuk membantu proses pembersihan alami dari hati. Kemungkinan karena efek rasa jeruk yang asam yang kuat mampu menetralkan radikal bebas dan juga mengikis lemak yang menempel pada organ hati dan organ lain pada tubuh.

2. Jeruk Lemon

Jeruk lemon juga sangat baik untuk membersihkan lemak dan racun yang menempel pada organ tubuh dan darah. Kandungan vitamin C yang tinggi menjadi penawar racun yang sangat baik untuk tubuh.

3. Teh Hijau

Teh hijau juga sangat baik untuk dikonsumsi, karena terdapat zat anti racun yang sangat baik untuk tubuh. Mengkonsumsi teh hijau setiap pagi berfungsi untuk membuat organ hati jadi bersih.

4. Ubi Merah

Ubi merah sangat baik untuk membantu mengaktifkan fungsi hati bekerja lebih maksimal. Ubi merah mengandung beta karoten yang sangat baik pula untuk membersihkan lemak yang menempel pada organ hati.

5. Susu

Susu murni sangat baik pula untuk dikonsumsi setiap hari. Karena susu banyak mengandung vitamin dan zat penawar racun yang sangat baik untuk organ hati. Susu murni juga bisa mengurangi kolesterol dalam darah, jadi sebaiknya anda selalu mengkonsumsi susu setiap hari.

Masih banyak lagi makanan dan minuman yang sangat baik untuk membersihkan organ hati. Karena lemak dan kotoran lain pasti selalu menempel pada organ hati. Baiklah semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan anda.

Advertisement

9 Responses to "Cara Menjaga Organ Hati"

  1. Yup, menjaga memang lebih baik daripada mengobati. Paling tidak melakukan sebagain dari beberapa cara diatas. Terutama susu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul..
      Lebih baik mencegah daripada mengobati

      Delete
  2. Organ hati memang harus di jaga kalau nggak bisa terasa pedih. Hehe
    Dan saya sering minum teh hijau itu mungkin bisa sedikit membersihkan hati supaya lebih jreng lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh hijau memang ok, walau sedikit pahit tapi bermanfaat

      Delete
  3. Hmmm, ternyata menjaga organ hati sangat mudah, tapi kenapa hati saya tak biarkan sakit. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Kalau itu hati sebelahnya, obatnya lain lagi 😂
      Coba kasih tumpukan Dollar pasti sembuh..!

      Delete
  4. menjaga organ hati dengan makanan dan kegiatan fisik
    juga menjaga hati dengan aktifitas rohani mendekatkan diri pada Nya

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!