Skip to main content

Memilih Lipstik Yang Baik Untuk Kesehatan Bibir Anda

Penasarankah Anda dari apa lipstik Anda dibuat? Umumnya wanita kelihatannya hampir tidak tahu jika lipstik yang seringkali mereka gunakan memiliki kandungan banyak zat kimia beresiko, terutamanya timah. Walau demikian, Anda jangan cemas. 

Pasalnya Anda dapat membuat perlindungan diri dengan pilih lipstik yang aman untuk dipakai seharian.


Bagaimana triknya? Baca panduan pilih lipstik yang baik untuk kesehatan dalam artikel ini.

Siaga kandungan zat kimia dalam lipstik Sebelum menguraikan mengenai bagaimanakah cara pilih lipstik, sebaiknya Anda tahu terlebih dulu kandungan zat kimia dalam lipstik. Tidak semua lipstik memiliki kandungan zat kimia beresiko. Tetapi hasil studi dalam beberapa waktu paling akhir sudah tunjukkan jika pemakaian logam jadi formasi lipstik ialah suatu hal yang umum.

Pada tahun 2007, Campaign for Safe Cosmetics membuat tes pada 33 produk lipstik berlainan untuk mengidentifikasi kandungan bahan beresiko. Hasilnya, 61% produk lipstik yang ditelaah terdeteksi memiliki kandungan timah dengan kandungan beragam di antara 0.03 ppm sampai 0.65 ppm. Meskipun kandungannya masih relatif kecil, tetapi timah tetaplah zat kimia yang beresiko.

Beberapa periset memprediksi jika rata-rata pemakaian lipstik oleh wanita ialah 2 kali /hari. Serta, pada beberapa wanita, frekuensinya bisa sampai 10 kali /hari. 1x penggunaan lipstik akan menebarkan 10 miligram produk pada bibir, serta sejumlah besar akan tertelan. 

Sesaat wanita yang memakai lipstik atau lip gloss berulang-kali bisa menelan sampai 87 miligram produk /hari. Ini tunjukkan beberapa wanita biasanya sudah melebihi batas normal mengonsumsi aluminum, cadmium, chromium serta mangan sampai 100% cuma dari pemakaian lipstik yang mereka pakai seharian.

Lalu, bagaimanakah cara pilih lipstik yang baik untuk kesehatan?

Dengan demikian beberapa pilihan type, struktur, serta warna, pada intinya, semua lipstik dibuat dari lilin, minyak, zat penambahan yang lain, dan pigmen yang memberi warna serta melembapkan bibir. 

Beberapa zat penambahan berikut yang perlu Anda mulai lihat sebelum putuskan beli lipstik baru.

Kandungan tidak sehat dalam lipstik yang perlu Anda jauhi Pelembab memiliki bahan basic petroleum, seperti minyak tanah.Pewangi bikinan, yang umumnya tercantum dibagian formasi jadi “aroma”, “aroma natural”, atau “parfum”.Lilin bikinan serta memiliki bahan basic petroleum yang membuat lipstik. Type lilin yang perlu dijauhi terhitung paraffin serta ozokerite.

Pengawet sintetis seperti formaldehyde, BHT serta parabens.Pewarna bikinan. Di AS, pewarna-pewarna itu umumnya tercantum di cap dengan kode FC&C atau D&C, atau nama warna diikuti dengan angka. Misalnya: D&C Merah 21 atau Merah 21.Jauhi juga kandungan mineral yang sudah di-“mikronisasi” jadi partikel nano.

Semestinya, Anda cari beberapa bahan alami, seperti… Pelembap memiliki bahan basic tanaman, seperti shea butter, coklat, minyak alpukat, serta lidah buaya.Minyak nabati sehat seperti minyak castor, minyak chamomile, minyak jojoba, minyak zaitun, serta minyak bunga matahari.

Bahan lilin alami seperti candelilla, carnauba, atau beeswax.Aroma atau perasa alami, seperti ekstrak vanila serta peppermint.Pengawet alami, seperti vitamin E, minyak daun teh, minyak neem, serta kayu manis.

Warna bibir alami yang dibuat dari ekstrak buah-buahan, sayuran serta bahan nabati yang lain, seperti kunyit, bit, wortel ungu, buah berikan, pomegranate serta calendula.Titanium dioksida, oksida besi serta mika termasuk pewarna mineral yang aman. Mencari beberapa kata seperti “non-nanopartikel” atau “tidak dimikronisasi jadi partikel nano” di cap.

Yang perlu dilihat waktu pilih lipstik Anda harus ambil aksi mencegah membuat perlindungan diri dari paparan terlalu berlebih dari produk pewarna bibir. Bila nyatanya Anda memakai lipstik sampai 14 kali satu hari, semestinya kurangi penggunaan atau mencari pilihan lain.

Beberapa lipstik organik seperti yang telah disebut di atas dibuat berbahan basic beeswax serta minyak tumbuhan. Bila Anda tidak mau memakai lipstik memiliki bahan basic hewani, cari beberapa kata “vegan”, cruelty-free” atau “no animal testing” pada cap paket lipstik.

Ingat, jangan tertipu dalam kata “organik”. Lipstik organik mungkin masih mempunyai kandungan sintetis di dalamnya, terkecuali mereka dicap 100% organik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar