--> Skip to main content

Uniswap V3 – The Potential Game Changer

 Uniswap V1 diluncurkan pada November 2018. Itu adalah bukti utama dari ide untuk Automated Market Makers (AMM) dan berubah menjadi hit sejak peluncurannya karena rasa ingin tahunya.  V2 dikirim pada Mei 2020 dan desain ulang membawa peningkatan utama yang penting untuk Uniswap dan pengaturan panggung untuk akun terdesentralisasi atau pemilihan DeFi.  

Hal yang tak terbayangkan terjadi dengan cepat dan mulai menyaingi perdagangan terpadu utama (CEX) menurut volume pertukaran.  Biaya pertukaran Uniswap adalah 0,3% pada setiap bursa yang jelas lebih tinggi dari CEX, namun biaya pertukaran tersebut menjadi tanggung jawab pemasok likuiditas di atas panggung.  Saat ini grup berurusan dengan Uniswap V3 yang harus memperoleh banyak peningkatan pada konvensi AMM.



 Lapisan 1 + Lapisan 2

Tindakan DeFi di blockchain Ethereum telah berkembang secara dramatis.  Dengan pertukaran yang meluas, muatan gas juga lepas landas.  Perdagangan $ 20 mungkin berharga $ 100 di Uniswap dan ini merupakan penghalang utama untuk penerimaan massal panggung.  Grup baru-baru ini memperkenalkan garis besar singkat dari V3 di entri blog ini.  

Mereka berfokus pada pengiriman mainnet Ethereum pada 5 Mei dan selanjutnya mengerjakan pengaturan pada Optimisme, rantai Ethereum lapisan 2.  Harapan akan memberikan Optimistic Rollup dan akibatnya memungkinkan Uniswap untuk mengurangi biaya gas secara signifikan karena pertukaran akan dilakukan off-chain.  Anda benar-benar ingin memperdagangkan token Anda di Uniswap dengan biaya di bawah 1 sen.  Pendukung utama Uniswap Hayden Adams secara umum menyatakan pentingnya lapisan 2 dari DEX berbasis AMM sebelumnya.  Perhatikan bahwa mainnet Optimisme telah ditangguhkan hingga Juli.  Sejalan dengan ini, komponen lapisan 2 mungkin tidak segera menyatu.

 Lebih banyak kemampuan modal

Uniswap V3 pada dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan modal.  Ini menghadirkan 'likuiditas terkonsentrasi'.  Elemen tersebut pada dasarnya memberikan perintah terperinci kepada masing-masing LP atas cakupan nilai distribusi modal.  Posisi individu dikumpulkan bersama menjadi kolam soliter yang membingkai tikungan yang digabungkan untuk bertukar.  

V3 juga menyajikan biaya tingkat yang berbeda.  Entri blog mereka mengatakan, "LP dapat memberikan likuiditas hingga 4000x produktivitas modal yang sebanding dengan Uniswap v2, memperoleh hasil yang lebih signifikan dari modal mereka. Produktivitas modal bersiap untuk eksekusi pertukaran selip rendah yang dapat mengungguli perdagangan terpadu dan AMM yang berpusat pada stablecoin  . "

 Nabi yang ditingkatkan

Uniswap menggunakan nabinya sendiri. The time-weighted normal value (TWAP) nabi dari Uniswap diisi sebagai bagian dasar dari kerangka DeFi.  Para nabi baru V3 akan lebih produktif dan tidak akan ada persyaratan bagi integrator untuk menentukan kualitas otentik tempat.

 Jangkau pesanan

Ini adalah komponen yang sangat diantisipasi.  LP V3 akan dapat beradaptasi sehingga akan memberikan komponen lain yang disebut 'permintaan jangkauan'. LP sebenarnya ingin menyimpan token soliter pada jangkauan nilai yang telah ditentukan dan karenanya akan serupa dengan 'permintaan sejauh mungkin'. Administrasi luar dapat berkoordinasi dengan Uniswap untuk memberikan wawasan 'permintaan batas' yang asli.

 Anda mendapatkan NFT ketika Anda memberikan likuiditas

 Token V3 LP tidak dapat dipertukarkan. Ini menyerupai perubahan yang ekstrim.  Ketika Anda memberikan likuiditas, Anda mendapatkan NFT. Komponen ini akan melarang penukaran investasi ulang biaya ke dalam pool.

 Uniswap telah secara efektif 

mendemonstrasikan bahwa itu dapat meningkatkan dengan cepat dan itu adalah kunci untuk makanan di bidang blockchain di mana inovasi berubah dengan cepat.  Ketentuan administrasi saat ini juga ternyata bagus untuk Uniswap. Apa yang dapat dikatakan tentang duplikat konvensi?  Sushiswap, sebuah cabang dari Uniswap, melakukan pemogokan vampir di Uniswap dan menyedot hampir $ 1 miliar likuiditas darinya dengan memberikan dorongan yang kuat kepada pemasok likuiditas untuk merelokasi token mereka dari Uniswap ke Sushiswap.  

Basis kode Sushiswap adalah lem duplikat yang menonjol dari Uniswap. Sangat sulit untuk menghentikan seseorang untuk menduplikasi proyek open-source dan pada umumnya semua proyek DeFi adalah open source.  Uniswap V3 membawa perubahan penting karena v3 Core akan dikirimkan di bawah Lisensi Sumber Bisnis 1.1 yang akan berlaku sebagai penundaan periode untuk penggunaan bisnis dari kode 'selama dua tahun'.  Setelah dua tahun, izin tersebut akan berubah menjadi izin GPL tanpa batas waktu.  

Pengaturan administrasi Uniswap dapat mempercepat perubahan ke GPL setiap kali melalui pemberian suara.  Ini sebenarnya merupakan lepas landas dari etos open-source dan dapat mengatur panduan untuk usaha masa depan untuk menentang duplikat.  Diskusi mengenai hal ini akan terus berlanjut namun panduan formatifnya oleh semua akun benar-benar memberi semangat untuk Uniswap.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar