Cara Meningkatkan Seo Dan Traffik Blog

Para blogger selalu membicarakan hal yang satu ini demi kemajuan trafiknya pada website dan blognya. Semua cara dilakukan agar blognya bisa ramai dan mencapai urutan pertama di search engine Google. Bukankah hal ini menarik! Dan bisa jadi para pemilik website dan blog melakukan berbagai cara dan jalan yang semakin bervariasi.


Untuk mengenal lebih jauh sebaiknya kita memahami dahulu apa itu SEO. Arti Seo itu adalah Search Engine Optimization, kalau di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia bermakna Optimisasi Mesin Pencari. Yaitu proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda, agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman pertama. Inilah yang dinamakan hasil pencarian organik atau hasil pencarian alami karena tidak menggunakan iklan sebagai media promosi situs web.

Terjadinya pengunjung organik itu ketika orang yang mengetikkan kata kunci yang dicarinya melalui search engine. Pengunjung organik ini sangat ditunggu-tunggu kehadirannya seperti sebuah secangkir kopi yang kita nikmati di pagi hari, artinya pengunjung yang legit.

Apa anda paham sampai disini? Jika paham kita lanjut pada topik seputar SEO. Para blogger tersebut banyak menggunakan tehnik Seo On Page dan Seo Off Page. Apa anda paham artinya? Maksud dari kedua tehnik itu adalah..?

Advertisement
• • • • • •

Seo On Page yaitu optimisasi yang dilakukan dari dalam situs web anda sendiri. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan, misalnya seperti :

1. Menggunakan template yang responsive dan seo friendly. Artinya templete yang anda gunakan mudah terbuka halamannya baik melalui browser smartphone, tablet maupun Laptop.

2. Memasang meta tags, meta deskripsi, meta keyword (kata kunci) dan meta Author. Meta tags dan meta deskripsi sangat penting agar artikel anda mudah untuk dikelompokkan oleh mesin pencari spider yang melacak masuk pada halaman website atau blog anda. Sehingga mesin pencari mudah mengenali kata kunci pada halaman anda.

3. Percepat loading blog, percepatan pada loading blog menjadi keunggulan tersendiri. Semakin cepat loading blog maka semakin pengunjung merasa nyaman mengunjungi website atau blog anda.

4. Posting artikel sehari 1, mungkin ini cara yang umum dilakukan tapi untuk lebih meningkatkan traffik blog usahakan posting sehari 2 artikel saat pagi dan malam.

Seo Off Page yaitu optimisasi yang dilakukan dari luar situs web anda. Contohnya seperti, membagi artikel ke Google+, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya. Agar para pengunjung bisa datang ke situs anda. Yang perlu anda lakukan yaitu fokus membangun backlink atau link balik ke situs anda. Memperbanyak inbound link (link dari situs web lain yang mengarah ke situs web anda). Cara mencari link balik bisa juga dengan blogwalking ke web dan blog sahabat.

Jika selama ini anda belum menerapkan tehnik seo ini, saya harap tetap tenang. Masih banyak peluang yang menjadi kriteria Google dalam merayapi halaman situs anda. Intinya jangan bersedih, teruslah menulis dan jangan berkecil hati kalau artikel kita kurang berkualitas. Percayalah Google memiliki penilaian sendiri dalam merayapi situs anda.

Happy Blogging! Tetap semangat dan jangan pernah berhenti untuk berkarya. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Advertisement

12 Responses to "Cara Meningkatkan Seo Dan Traffik Blog"

  1. Jadi cara mudahnya seperti ini, klau posting 2 hari sekali saya, mas admin, kalau tamplate mungkin belum diterapkan oleh saya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, template menjadi salah satu kunci keberhasilan menaikkan traffic..👍

      Delete
  2. Yang berat itu tiap hari posting itu mas..apalagi sehari dua postingan..kalau aku kadang satu post saja 2-3 hari haha blog nubie..tapi makasih ilmu nya mas..

    ReplyDelete
  3. kalo traffik bagus maka saat nge-blog juga tambah semangat pastinya. ya kan?

    cuma kalo traffik ambyar biasanya banyak yg putus asa dan milih pensi atau buat yg baru. apalagi kalo udah masuk google sandbox, serem ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh..kalau sampe Google sandbox bisa down yang punya blog..😱😂

      Delete
  4. kadang kalau lagi gabut, aku malah seminggu cuma posting 3 artikel mas.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mas, yang penting ada tanda tanda kehidupan blog..😂

      Delete
  5. Untuk nomor 1, 2 dan 3 okelah mang, tapi untuk yang nomor 4 masih angin-anginan.. belum bisa stabil sepenuhnya, banyak gangguan tak terduga sering menghampiri.. *halah alasan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Yup, harus semangat mang biar adsense cepet gajian..😱😂

      Delete
  6. Wah kebetulan nih mas, saya juga baru terbitkan post tentang cara logis bikin blog jadi rame, hehe.

    OK mas, tengkyu ilmunya penjelesannya lumayan mudah dipahami, hanya saja belum diterapkan hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat bekal esok hari juga bisa kang Hary..😰😂

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!