Skip to main content

Kemasan Minuman Dan Makanan Yang Aman Untuk Kesehatan

Saat beli makanan atau minuman, beberapa orang lebih konsentrasi memerhatikan bahan makanan serta nilai gizi yang terdapat di produk. Bagaimana dengan paketannya? Ya, Anda mungkin tidak memerhatikan paket minuman dan makanan yang Anda pilih. Walau sebenarnya, tidak semua paket pangan aman serta terlepas berbahan beresiko, lho.

Lalu, bagaimanakah cara pilih paket minuman dan makanan yang aman untuk kesehatan? Baca terus penjelasan selengkapnya di bawah ini.


Langkah pilih paket minuman dan makanan yang aman

Paket pangan ialah material yang dipakai membuat perlindungan makanan dari kehancuran atau kerancuan bakteri di luar. Tiap produk minuman dan makanan yang di jual di market dibungkus dengan paket yang berlainan. Ada yang dikemas dengan plastik, kaleng, gelas, kaca, atau styforoam.

Beberapa minuman dan makanan yang di jual di market, khususnya yang berbentuk jajanan kaki lima, seringkali memakai paket makanan berbahan non-food grade. Food grade sendiri ialah standard untuk mengetes kelayakan satu material yang dipakai untuk kelengkapan makanan, diantaranya ialah paket yang membungkus makanan itu. 

Saat type paket termasuk non-food grade, ini berarti paket itu punya potensi menyebabkan bahaya buat kesehatan badan. 

Nah, di bawah ini ialah beberapa panduan yang bisa Anda kerjakan waktu pilih paket minuman dan makanan supaya aman dari zat beresiko itu:

1. Kedap udara 
Sebelum beli makanan atau minuman paket, yakinkan paket pada produknya kedap udara. Masalahnya makanan atau minuman harus disimpan dalam paket kedap udara untuk menahan kerancuan bakteri. Minuman dan makanan yang tidak dikemas secara benar bisa buka kesempatan buat bakteri untuk masuk serta mengontaminasi produk.

2. Paket tidak rusak/penyok 
Janganlah lupa untuk memerhatikan lebih dulu bentuk paket produk yang akan dibeli. Bila paket telah rusak, robek, atau penyok karena itu ada peluang produk yang berada di dalamnya telah terkena udara di luar atau terkana paparan cahaya matahari dalam tempo yang lama. Ini dapat mengakibatkan warna serta rasa pada makanan atau minuman bisa beralih.

3. Tetap pilih produk yang telah tercatat di BPOM 
Sebelum beli makanan atau minuman paket, tetap kerjakan cek KLIK. Cek KLIK tersebut terbagi dalam cek paket, cap, izin edar, serta kadaluarsa. Cek KLIK ini bermanfaat untuk pastikan keamanan kandungan pada makanan atau minuman sekaligus juga jadi dasar buat Anda untuk pilih paket minuman dan makanan yang aman untuk kesehatan.

Salah satunya point penting dari KLIK ialah pilih produk yang telah mempunyai nomor izin edar (NIE) dari BPOM. Saat satu produk mempunyai nomor izin edar dari BPOM, berarti bukan sekedar bahan makanan atau minuman saja yang terjamin aman, dan juga paketannya. 

Jadi, Anda tak perlu cemas sebab paket minuman dan makanan yang telah tercatat pada BPOM sebab BPOM selalu lakukan pengawasan pada produk makanan/minuman yang tersebar di pasar.Bagaimana dengan kantong teh celup? Anda barangkali sempat dengar isu jika kantong teh celup memiliki kandungan zat karsinogenik bila di rendam kelamaan dengan air panas. Lalu, apakah benar demikian?

Berdasar tayangan wartawan BPOM, kantong teh celup yang mempunyai nomor izin edar dari BPOM telah lewat beberapa pelajari penilaian keamanan pangan dari kandungan atau paketannya. 

Penilaian keamanan pada kantong teh celup sendiri mewajibkan pemenuhan pada batas migrasi yang baik yakni jumlahnya maximum zat yang dapat beralih dari paket pangan (dalam soal ini kantong teh celup), ke pada bahan pangan (contohnya air seduhan teh). 

Maka, kantong teh celup aman dipakai meskipun diseduh di air yang panas.
Diluar itu, BPOM memperjelas jika kantong teh celup yang aman ialah yang tidak memiliki kandungan senyawa klorin jadi pemutih, sebab waktu diseduh, klorin bisa turut larut serta masuk ke pada tubuh, mengakibatkan permasalahan pencernaan serta menyebabkan radikal bebas. 
Ketentuan jika kantong teh celup tidak bisa memiliki kandungan senyawa klorin ini harus diikutkan pada BPOM waktu permintaan penilaian keamanan produk.

Kesimpulannya, butuh diingat jika tiap produk yang telah tersertifikasi BPOM mengisyaratkan jika kandungan makanan serta paket yang dipakai telah aman untuk makanan sebab sudah lewat beberapa uji kelayakan. Berarti, produk teh yang mempunyai sertifikat BPOM, telah terjamin terlepas dari beberapa bahan beresiko.

Tidak cuma kandungan tehnya saja yang sehat, dan juga semua material pada produknya aman dipakai. Produk teh yang baik dikemas dalam material kedap udara untuk jaga rasa serta kandungannya. Diluar itu, material paket harus juga sesuai standard global serta memakai material food grade.

Kantong teh celup semestinya memiliki kandungan serat-serat alami hingga terlepas dari intisari yang bisa membahayakan kesehatan. Jadi, telah ngeteh belum ini hari?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar