Skip to main content

Menjaga Kesehatan Mata Di Usia 30 Tahun Keatas

Bersamaan menambahnya umur, peranan pandangan kita akan alami penurunan. Tidak bingung bila hampir kebanyakan orang berumur 65 tahun ke atas butuh 
menggunakan kacamata. 

Ada beberapa langkah untuk memperhatikan kesehatan mata lanjut usia, diantaranya lakukan kontrol mata dengan periodik, hingga peluang peranan pandangan Anda jadi lebih baik serta masih jelas. Diluar itu, nutrisi yang bergizi untuk mata sangat menolong dalam tingkatkan kesehatan mata pada seorang tua.


Tips memperhatikan kesehatan mata lanjut usia Berikut 8 panduan yang butuh dikerjakan supaya mata masih sehat pada seorang tua. 

1. Kerjakan kontrol mata dengan teratur 

Kontrol mata dengan periodik adalah kontrol yang penting pada kesehatan mata Anda. 
Tidak hanya untuk mengecek apa lensa kacamata Anda masih sesuai Anda, kontrol mata dapat menjumpai penyakit mata, seperti glaukoma serta katarak, dan permasalahan kesehatan umum yang lain seperti diabetes serta hipertensi.

2. Nutrisi ialah kunci dari kesehatan mata 

Pilih makanan yang kaya anti-oksidan yakni makanan yang memiliki kandungan vitamin A serta C, seperti sayur-sayuran hijau serta ikan. Banyak type makanan, khususnya ikan yang memiliki kandungan omega-3 (asam lemak mendasar) yang penting dalam memperhatikan kesehatan makula, sisi dalam mata yang bertanggungjawab pada pandangan sentra.

Konsumsi anti-oksidan yang tidak memenuhi, ditambah mengonsumsi alkohol serta lemak jemu yang terlalu berlebih, bisa mengakibatkan reaksi radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan makula. Diet tinggi lemak dapat mengakibatkan sumbatan pada pembuluh darah. 

Mata benar-benar peka pada ini, karena ukuran pembuluh darah yang kecil hingga bila ada sumbatan pada pembuluh darah, karena itu saluran darah ke arah mata akan menyusut serta mengakibatkan mata kekurangan nutrisi.

3. Tetap gunakan kacamata hitam di luar rumah

Cahaya UV dari sinar matahari bisa mengakibatkan kerusakan mata serta bisa tingkatkan efek katarak. Memakai kacamata hitam atau lensa kontak dengan perlindungan pada cahaya UV bisa membuat perlindungan mata Anda.

4. Berhenti merokok 

Merokok bisa tingkatkan kandungan depresi oksidatif pada mata Anda. Walau proses berlangsungnya belum jelas, tetapi sudah dapat dibuktikan dalam riset yang sudah dikerjakan jika merokok tingkatkan efek penyakit mata seperti katarak serta degradasi makula.

5. Olahraga teratur 

Mata memerlukan perputaran darah serta konsumsi oksigen yang baik, kedua-duanya distimulasi dengan berolahraga teratur. 

Olahraga teratur menolong jaga berat tubuh Anda, dan turunkan efek penyakit diabetes serta retinopati diabetik. Ingat-ingatlah untuk memakai kacamata hitam dengan perlindungan UV waktu lakukan olahraga di luar ruang.

6. Pakai pencahayaan yang baik 

Agar bisa lihat secara baik, mata Anda memerlukan sinar sekitar 3 kali semakin banyak waktu Anda berumur 60 tahun dibanding waktu berumur 20 tahun.

Anda butuh tingkatkan sinar matahari yang masuk ke rumah Anda, pastikan pencahayaan listrik yang baik khususnya dibagian atas serta bawah tangga, hingga Anda bisa lihat dengan jelas saat Anda turun-naik tangga. Untuk membaca atau kerja, pakai lampu meja yang fleksibel, lalu diposisikan supaya sinar tidak mengakibatkan silau pada mata.

7. Batasi lama memandang monitor computer 

Sesudah 2 jam memandang monitor computer, Anda bisa alami kemelut pada otot mata Anda. Berikut panduan dalam menurukan kemelut otot mata efek dari kecapekan memandang monitor computer: 
Jaga jarak monitor computer dengan mata sejauh 50-60 cm

-Jaga supaya sisi atas monitor computer dikit dibawah tingkat mata
-Pakai obat tetes pelembab mata untuk menahan mata kering
-Mengatur pencahayaan untuk kurangi kesilauan pada monitor
-Istirahat tiap 15 menit untuk konsentrasi pada objek yang jaraknya jauh
-Seringkali berkedip

8. Tidur cukup Waktu

Waktu Anda tidur, mata Anda alami lubrikasi dengan terus-terusan hingga kelembabannya terbangun. Diluar itu, waktu tidur, mata bersihkan diri dari iritan seperti debu, alergen, atau asap yang terakumulasi di siang hari.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar