--> Skip to main content

Berkhasiatnya Umbi Singkong



Hallo sobat pembaca yang sudah tidak sabar membaca artikel-artikel di blog ini.

Pada pembahasan kali ini, admin akan menyoroti tentang umbi singkong. Loh kok kenapa umbi singkong..?, bukankah buah singkong..!

He..he.. gelar buah biasanya lebih cocok di identikan dengan suatu hal yang menggantung di atas. Sedangkan umbi singkong berada di dalam tanah, jadi lebih cocok di katakan umbi ketimbang buah.

Sobat semua pasti sudah pernah mencoba umbi singkong ini, biasanya banyak yang jual di jadikan gorengan atau pun rebusan.

Umbi singkong ini bisa juga di sebut sebagai ketela pohon. Tapi orang lebih akrab menyebut singkong ketimbang umbi singkong.

Singkong ini banyak mengandung karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran, namun sebaliknya miskin protein. Sumber protein yang baik justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin.

Berikut ini beberapa kandungan sehat pada singkong :
~Karbohidrat
~Seng
~Serat
~Magnesium dan tembaga
~Vitamin C dan folat
~Vitamin K
~Saponin
~Bebas Gluten

Singkong merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam.

Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Tergantung varietas yang di tanam oleh petani atau peladangnya.


Gejala kerusakan pada singkong ini ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.

Beberapa macam penyakit yang dapat diobati di antaranya:

1. Rheumatik

~Caranya, ambil 5 lembar daun singkong, campurkan sedikit dengan kapur sirih, kemudian remas-remas sampai daun singkongnya hancur.
~Selanjutnya, oleskan pada bagian yang terasa linu atau yang terserang rheumatik. Lakukan 3 kali sehari.

2. Luka akibat di garuk

~Caranya, ambil singkong secukupnya, kupas dan parut, kemudian tempelkan / bobokan pada luka bekas garukan dan diperban.

3. Kutu air

~Caranya, ambil singkong yang masih muda dan baru dipetik dari batangnya.
~kemudian kupas dan parut, lali tempelkan pada bagian yang kena kutu air. Jika sudah mulai kering, ulangi sekali lagi agar cepat sembuh. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

4. Maag

Biasanya orang tua kita dahulu bila mengobati penyakit maag cukup memakan umbi singkong ini dalam keadaan mentah.

Baiklah sobat semoga tips kali ini bisa menambah perbendaharaan wawasan sobat semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar