Cara Menghilangkan Rasa Gatal Karena Digigit Nyamuk

Nyamuk, dari zaman dahulu sudah berkembangbiak dengan sangat banyak. Tidak hanya di negara kita, melainkan di seluruh dunia. Populasinya terus meningkat dengan sangat drastis, hingga ada banyak sekali kasus orang yang terbunuh akibat gigitan nyamuk.


Sungguh diluar dugaan sekali, makhluk sekecil itu bisa menyebabkan kematian. Banyak sekali gejala-gejala yang bisa disebabkan oleh gigitan nyamuk. Dan jumlah nyamuk pun sangat bervariasi.

Di gigitan nyamuk memang cukup mengganggu. Karena selain menimbulkan rasa sakit, gigitan nyamuk juga sering mengakibatkan rasa gatal dan kulit menjadi merah-merah. Apalagi jika digigit menjelang tidur, sungguh sangat mengganggu ketentraman tidur.

Ketika terkena gigitan nyamuk, pasti kita sangat marah dan sedikit emosi, apalagi ketika sedang menonton televisi melihat film yang kita suka. Setelah digigit rasa gatal mulai terasa dikulit kita dan segera ingin menggaruk saja. Sangat tidak nyaman, dan biasanya kulit kita ada bentol dan bintik-bintik merah.

Apabila terjadi demikian, tidak usah khawatir, ada cara simpel dan mudah untuk mengatasi gigitan nyamuk dan menghilangkan rasa gatal. Diantaranya yaitu :

cara mengatasi gigitan nyamuk

1. Menggunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih sangat berguna untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit.

2. Menggunakan balsam

Balsam juga sangat berguna untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit walaupun rasa balsam agak sedikit panas.

3. Menggunakan pasta gigi

Betul, anda tidak salah baca..! Pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Caranya juga sangat mudah, yakni Anda cukup mengoleskan pasta gigi pada bagian kulit yang terasa gatal. Disarankan juga untuk memilih pasta gigi dengan rasa peppermint. Hal ini karena pasta gigi peppermint dapat menghilangkan bakteri dari gigitan nyamuk dan rasanya sangat dingin, karena terdapat ramuan daun mint.

4. Menggunakan teh celup bekas

Ya, Kantung teh celup bekas juga bisa digunakan untuk meredakan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Hal ini bisa terjadi karena daun-daun teh memiliki fungsi sebagai antibakteri dan meredakan bengkak. Caranya cukup dengan mengkompreskan kantung teh celup pada kulit yang terasa gatal. Kompreslah bekas gigitan nyamuk nyamuk tersebut dengan bekas kantong teh celup yang masih hangat.

5. Menggunakan lidah buaya

Daun lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal karena gigitan nyamuk.
Pada umumnya, orang lebih mengetahui bahwa lidah buaya bagus untuk kesehatan kulit dan rambut. Namun, lidah buaya juga dapat membantu mengurangi rasa gatal, peradangan, dan kemerahan pada kulit. Selain itu, kulit Anda juga akan terasa lebih sejuk dan nyaman.

6. Menggunakan cuka apel

Cuka apel juga bisa digunakan untuk mengobati rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Salah satu cara paling cepat untuk menghilangkan rasa gatal akibat serangan gigitan nyamuk adalah dengan mengoleskan cuka apel pada kulit yang terkena gigitan nyamuk. Kadar keasaman yang dimiliki oleh cuka apel akan bekerja lebih sempurna pada daerah kulit yang digigit nyamuk. Dan bakteri-bakteri yang menempel akibat gigitan nyamuk akan langsung mati.

7. Menggunakan air perasan jeruk nipis atau lemon

Air perasan jeruk nipis atau lemon memiliki sifat sebagai antibakteri dan anti mikroba yang dapat meredakan rasa gatal. Disamping itu, perasan jeruk nipis atau lemon juga bisa membantu mengatasi bekas gigitan nyamuk supaya tidak semakin infeksi. Gunakan air perasan jeruk yang masih hangat.

7. Menggunakan kulit pisang

Kulit pisang juga ternyata berguna untuk mengatasi rasa gatal, walau tidak banyak yang mengetahuinya, kalau senyawa yang terdapat pada kulit pisang dapat membantu menghilangkan racun bekas gigitan nyamuk. Hal ini tentu saja jauh lebih baik bila Anda harus menggaruk dan menyebabkan kulit lecet.

Sebenarnya hal diatas tidak perlu di cemaskan, apabila kita sudah memiliki persiapan terlebih dahulu. Kebanyakan dari kita memang kurang memiliki persiapan untuk mengatasi gigitan nyamuk. Semua berlangsung begitu saja.

Untuk waktu kedepan admin menyarankan agar anda memiliki persiapan untuk mengatasi serangan dari para nyamuk yang haus darah tersebut.

Di samping itu pula kita harus waspada, apabila menjelang musim kemarau yang menyebabkan populasi nyamuk berkembang dengan baik. Hingga timbulnya beberapa jenis nyamuk yang berbahaya seperti nyamuk malaria dan nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah. Untuk itu sangat dibutuhkan persiapan-persiapan khusus diantaranya yaitu :

Persiapan mengatasi serangan nyamuk

1. Siapkan obat nyamuk berbentuk lotion, yang dioleskan pada kulit.
2. Tutup rapat semua jendela menjelang sore, dan jangan dibiarkan terbuka.
3. Siapkan kaos kaki jika memang diperlukan untuk menutup kaki.
4. Persiapkan obat nyamuk semprot atau obat nyamuk bakar.
5. Gunakkan perangkap nyamuk jika memang darurat.

Semoga artikel kali ini dapat membantu anda semua dari serangan nyamuk yang sering mengganggu.






Advertisement

0 Response to "Cara Menghilangkan Rasa Gatal Karena Digigit Nyamuk"

Post a Comment

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!