Hikmah Ramadhan 5 Maling Mania

Maling atau mencuri adalah sebuah tindakan mengambil harta / benda milik orang lain dengan tidak hak untuk dimilikinya tanpa sepengetahuan pemilikinya. Maling hukumnya adalah haram.

Ilustrasi Maling

Di dalam hadist, dari Abu Hurairah, Rosululloh Saw bersabda :

“Tidaklah beriman seorang pezina ketika ia sedang berzina. Tidaklah beriman seorang peminum khamar ketika ia sedang meminum khamar. Tidaklah beriman seorang pencuri ketika ia sedang mencuri”. (H.R al-Bukhari) 

By the way, kegiatan bermaling-ria biasanya terpaksa dilakukan karena Si pelaku terdesak oleh kebutuhan ekonomi. Tapi, tidak menutup kemungkinan memang itu sebuah profesi untuk si pelaku. Malah ada yang mengatakan itu juga penyakit atau kebiasaan yang susah untuk dihilangkan (Malingmania). 

Dampak yang ditimbulkan dari Maling ini akan sangat merugikan dan menimbulkan kekecewaan bagi korbannya. Dan bahkan sang korban terkadang sering melamun dan terkena tekanan jiwa.

Dan juga menimbulkan ketakutan, karena mereka merasa harta bendanya terancam. Dan, bagi si pelaku sebenarnya juga berdampak sangat buruk, antara lain :

Advertisement
• • • • • •

Dampak Buruk Dari Maling / Mencuri

1. Mengalami kegelisahan batin karena selalu dikejar-kejar rasa bersalah dan takut jika perbuatanya terbongkar.     

2. Mendapat hukuman, apabila tertangkap.     

3. Mencemarkan nama baiknya sendiri jika terbukti maling, dan     

4. Merusak keimanannya, Jika ia mati sebelum bertobat maka ia akan mendapat azab yang pedih. 

Suatu perkara dapat ditetapkan sebagai Maling atau Mencuri apabila memenuhi syarat sebagai berikut :

Syarat Syah Dikatakan Sebagai Pencuri

~ Orang yang maling adalah mukalaf, yaitu sudah baligh dan berakal dan tidak gila.

~ Orang yang Maling sama sekali tidak mempunyai andil memiliki terhadap barang yang dicuri.

~ Barang yang dicuri adalah benar-benar milik orang lain.

~ Barang yang dicuri mencapai jumlah nisab.

Tapi, menurut saya bukan perkara diatas saja yang bisa di kriteriakan dengan kata maling. Kebiasaan yang pernah saya lakukan pun juga bisa dikategorikan dengan kata maling tapi secara halus, seperti contoh :

Kategori Maling Secara Halus

 • Dalam beribadah terlihat Khusyuk dalam gerakan, padahal di otak mikir tentang hutang 😫

 • Pinjam sandal tanpa izin kepada yang punya 😅

 • Ngelirik cewek imut tanpa sepengetahuan si Dia 😎

 • Pernah mencuri hati para mantan 😂

 • Lihat-lihat photo di facebook tanpa permisi ke pemilik akun 😅

 • Downnload mp3 / file tanpa meninggalkan komentar 😪

Nah itulah beberapa kegiatan yang bisa dikatakan mencuri secara halus. Tapi kebanyakan dari kita kurang menyadarinya, dan malah terkadang suka disengaja. 😪

Akhir kata, saya hanya berpesan, kepada anda semua, mumpung suasana ramadhan. Ayo kita berbenah diri mumpung ruh masih dikandung badan, selagi pikiran masih waras, selagi matahari masih terbit dari ufuk sebelah timur. Dan satu pesan yang wajib kita simak dari bang napi.. 😎

“Perselingkuhan terjadi bukan karena adanya niat pelaku, tapi... karena kita masih laku, Nikmatilah... Nikmatilah!!” eh, salah ya... He..he,, yang ini, 😂

“Kejahatan terjadi bukan karena adanya niat pelaku... Tapi, karena adanya kesempatan. Waspadalah... Waspadalah!!”. 😂

Advertisement

20 Responses to "Hikmah Ramadhan 5 Maling Mania"

  1. Hehe, dan suka maling maka dosa tanggung sendiri, tapi ciri-ciri maling halus itu bisa diterapkan, tapi juga perlu hati-hati saat ngelirik cewek, taku kena lempar sandal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Iya, takut kena lempar sandal macannya yang sejak tadi memperhatikan,, 😂

      Delete
  2. Wah saya ga laku rupanya soalnya ga pernah selingkuh hehee

    Hemm tapi ada yg lebih buruk dari ga laku yaitu saya memiliki semua kreteria maling mania diatas, Oh No.. Noo.. Hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew, berarti cocok jadi artis maling mania nih,, 😂

      Delete
  3. baiklah, saya tinggalkan komentar di post ini, dengan cara ini mungkin saya tidak dianggap maling atau pencuri
    etikanya ya

    ReplyDelete
  4. Keren mang, dan ingat kegantengan saya ada bukan karena hasil editan, tapi memang sudah ganteng dari sononya..

    Semoga momentum ramadan kali ini membuat kita mampu menjauhi hal-hal yang dilarang oleh agama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perut saya mual mang denger kata ganteng,, 😷 mungkin belum terbiasa kali ya 😂

      Yuk, mumpung puasa perbanyak ibadah 🙌

      Delete
    2. Ayuk.. lah, perbanyak ibadah dan kalau ada waktu aktivitas ngeblog harus tetap jalan walaupun tidak sekencang sebelum atuh setelah puasa larinya...

      Delete
    3. Tenang mang, ngeblog pasti lancar jaya..!

      Delete
  5. "Ngelirik cewek imut tanpa sepengetahuan si Dia" , waduh kalau ini aku sering lakuin mas..
    kan sayang cantik2 tapi nggak diliatin.. #ehh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tuh, baru ngaku satu orang kan..! 😂

      Delete
  6. dari penjelasan bahwa menjadi maling sangat nggak enak, padahal adminnya sendiri yang nulis belom pernah ngalami sih...itu mah tebang katanya dia ge

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Lebih tepatnya mendahului kodrat mang 😂

      Delete
  7. Aih... ngelirik cewek imut pun bisa dikategorikan maling.
    Aduh... udah berdosa dong saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dosa mas, apalagi jika gak ngajak2 admin, tapi dosa lagi mas he..he 😂

      Delete
  8. Ciri-ciri Maling matanya jelalatan...hahahaha...ya kan Mas.

    ReplyDelete
  9. Wahhh... Untuk menjadi maling ternyata ada syarat sahnya dulu yang harus dipenuhi ya, mas? Hahaha

    Dan untuk maling secara halus, sepertinya menyindir saya secara halus pula nih. Soalnya saya juga suka curi2 pandang kalau ada cewek cantik yg makan di tempat saya. Hahahahhahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Nyindir sih enggak, lebih tepatnya memang mengarah ke sampean, wk..wk..wk.. 😂

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!