Mengenal Kotak P3K dan P3P

Anda semua pasti sudah mengenal Apa itu P3P yaitu pertolongan pertama pada penyakit. Biasanya di sekolah sekolah SD maupun SMP terdapat kotak P3K atau P3P. Jika P3P digunakan untuk penyakit sedangkan P3K dikhususkan untuk pada kecelakaan.

Bukan hanya di rumah, kotak P3K juga wajib berada di dalam mobil sebagai cadangan apabila terjadi sesuatu seperti luka ringan. Terkadang para pemilik kendaraan banyak melupakan hal sepele tersebut, padahal hal ini sangatlah penting.

Pertolongan pertama pada penyakit adalah upaya pertolongan atau pengobatan sementara yang dilakukan terhadap seseorang yang terserang penyakit sebelum mendapat pertolongan dari dokter, rumah sakit atau puskesmas.

Tujuan P3P adalah sebagai berikut :
A. Mengurangi rasa sakit.
B. Mencegah agar tidak bertambah parah.
C. Mencegah terjadinya atau timbul penyakit lain (komplikasi).
D. Pada tingkat yang ringan dapat bersifat mengobati.


Obat-obatan sederhana

Obat adalah suatu zat yang digunakan untuk mencegah, meringankan atau suatu penyakit. zat-zat yang terdapat dalam obat tersebut terbuat dari bahan kimia atau berasal dari bahan alami, seperti berasal dari hewan atau tumbuh-tumbuhan.

Adapun tujuan kita mengetahui berbagai obat sederhana adalah untuk dapat menggunakannya dalam mengobati berbagai penyakit yang sering terjadi. Dan supaya lebih berhati-hati dalam menggunakannya karena jika sembarangan dalam pemakaiannya dapat mengakibatkan keracunan, timbulnya penyakit lain, bahkan dapat menimbulkan kematian.

Macam-macam obat berdasarkan bahannya.

a. Obat tradisional
Obat tradisional adalah obat yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti berasal dari hewan, tumbuh-tumbuhan atau mineral tertentu. Obat ini dapat dipercaya Biasanya karena tradisi atau kebiasaan dari nenek moyang yang sudah turun temurun atau karena percaya pada pengalaman seseorang.

b. Obat modern
Obat modern adalah golongan obat yang terbuat dari bahan-bahan tertentu melalui proses kimia, dapat dipertanggungjawabkan secara medis dan digunakan dalam dunia kedokteran untuk pengobatan.

Obat berdasarkan cara pemakaiannya terbagi dua bagian yaitu :

 • Obat luar yaitu obat yang dalam pemakaiannya hanya untuk bagian luar tubuh saja tidak boleh dimakan atau diminum.

 • Obat dalam yaitu obat yang pemakainya dimakan atau diminum.

Jenis obat yang harus disiapkan dan biasa digunakan dalam memberikan upaya P3P adalah obat yang tergolong ringan, murah dan mudah dibeli di apotik atau toko obat. Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menggunakan obat adalah mengenai Indikasi dan kontra indikasinya. Mengenai komposisi obat serta aturan pakai biasanya sudah tertera dalam setiap kemasan atau bungkus obat.

Beberapa contoh obat untuk P3P yaitu :

1. Tablet atau pil
Tablet parasetamol adalah suatu jenis obat yang mempunyai khasiat seperti dapat mengobati penyakit influenza, sakit kepala dan demam. Tablet ini dapat dibeli secara bebas biasanya dikemas dalam bentuk Strip.

2. Oralit.
Oralit adalah bentuk bubuk garam gula yang digunakan untuk mencegah dan mengobati dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh, akibat penyakit muntah berak atau muntaber.

3. Larutan rivanol
Larutan rivanol dipakai untuk mengkompres luka yang bernanah. Larutan ini berwarna kuning, dikemas dalam botol dengan isi yang berbeda-beda.

4. Obat batuk hitam OBH dan obat batuk putih OBP
OBH dan OBP adalah obat yang berbentuk cair. OBH untuk orang dewasa sedangkan OBP untuk anak-anak. Indikasi dari kedua obat ini adalah dapat meringankan batuk yang mengganggu saluran pernafasan dan mengencerkan dahak yang kental sehingga mudah dikeluarkan.

5. Pil kina.
Pil kina digunakan untuk penderita yang diperkirakan menderita penyakit malaria. Adapun gejala-gejala dari penyakit malaria adalah demam yang tinggi kemudian dingin secara bergantian.

Itulah beberapa jenis obat-obat ringan P3P yang perlu kita ketahui dan jangan lupa agar menyiapkan di rumah sebagai cadangan untuk pengobatan luka ringan seperti betadhine, kapas maupun obat tetes mata. semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca semua.

Advertisement

7 Responses to "Mengenal Kotak P3K dan P3P"

  1. Kalau saya seringnya bawa minyak angin kalau mau kemana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga penting, terutama ketika naik bus..

      Delete
  2. Apakah in haler juga termasuk ke dalam P3P?

    ReplyDelete
  3. aku kurang begitu hapal nama nama obat di dalam kotak p3k, mas. dulu waktu jaman sekolah ada itu kotak p3k. nggak berani pegang tapi he he. serem.

    ReplyDelete
  4. Dalam kotak P3K kami yang selalu tersedia obat gosok semacam balsem, minyak kayu putih, minyak telon
    Oh ya tak kalah pentingnya selalu mengecek tanggal kadaluarsa obat-obatan yg tersedia

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!